Kamis, 30 Agustus 2012

materi tauziah di sekolahan

Assalamualaikum wr wb
Mukadimah...........

Topik:Pasang surut keimanan
13Tahun lamanya rosul berjuang di mekah.memulai dari sini,membangun iman menata akidah meluruskan keyakinan.13 tahun di mekah itu pasang pondasi,dengan hitungan,kalau pondasinya kokoh/kuat bangunan aman.pondasi rapuh,bangunan runtuh..pondasi mencong,bangunan di atasnya beng,,,,bengkok.bangunan mah bagaimana pondasinya..orang hidup,bagemana keimananya...
Iman abstrak,nggak keliatan....Tapi bisa di nilai,dari mana???dari gejala yang di timbulkanya.,,dalam bentuk amal.
Siswa-siswi percaya tidak???itu tu ad setrum..??
percaya ngga?
Keliatan setrumnya?
Tau ada setrum dari mana?dari nyala?
Ad setrum lampu nyala,,,,,,,ada setrum mike bunyi....kalo ada setrum kipas angin muter...
Kalo ada iman sujud.......kalo ad iman,,jihadd,,kalo ada iman  sodakoh.,
Sekarang setrum ada ,lampu ngga nyala,anak anak juga tauu..pakk itu namanya korslet...............
Strum ada ,mike ngga bunyii.,  itu namanya?? Korsllet,,,
Strum ada ,strikaan ga panas..,,itu namanya korsllet

Ngaku beriman tp ngga mau solat.,.,.,??
Itu namanya,??

Ini intan paling  mulia,ini mutiara paling berharga,,,,
Boleh saja zaman berubah tp akidah ga boleh goyah,,,
Silahkan saja masa berganti,tapi iman ga boleh mati.,

Nah mari kita lihat,Ali iman Abu Hanifah bilang iman itu ada 4 macam,kita masuk yang mana ayo kita periksa,,,,,,,,,,,,,,,,,
Berapa macam masss...???4
4 apa????macam
Macam ap??,.,.,.,.lho ko bolak balik pusing ndiri jdinya.,.
1)      Ada imanun yasidu wala in khusyu  ada iman yang tambah terus nggak pernah kurang.tambahh.,tambah.,.dan nggak pernah kurang ini siapa???imanun anbiya walmursalim imanya para Nabi imanya para Rosul.
Buka sejarah,ngga ada Nabi yang di anak emaskan.SEMUANYA DI UJI di coba macam macam penderitaan dalam berjuang menegakkan keyakinan.tp makin berat ujian makin berat perjuangan makin mantep iman.
Belum pernah kita baca sejarah ada nabi minta berhenti.....
Nggak kuat tuhan,bubar sajalah,,ngga ga,,,,ga ad.,,,
Makin di hantam cobaan makin kuat iman ..Ini iman yang harus kita contoh..kan ujian yang paling berat yang menimpa para nabi,di bawah itu para auliyah para wali di bawah itu baru para ulama kebawah dan kebawah di uji tiap orang menurut kekuatan imannya,menurut keteguhanya memegang agama,
Makin tinggi iman makin tinggi bisikan iblisnya
Jadi kalo kita ini iman tipisan yang goda iyu iblis recehan saja...ini yang begini jga gua senggol jga miring ni,udah iblisnya kecil-kecilan aja
Tapi makin tinggi kualitas iman makin berat juga itu iblisnya.........
2)      Yaitu iman layan zidu walayan khusyu.tidak bertambah tdk jga berkurang.namanya iman stabil,dri dulu ampe sekarang ituuu mulu...
iman jenis apa ini,ini imanya para malaikat
karna indikasi bertambah dengan beramal dan berkurang dengan maksiat.berkurang karna maksiat bertambah karna beramal kebajikan.
Nah malaikat nda bertambah tu amalnya.karna ada malaikat yg sejak pertama di ciptakan di suruh tasbeh,tasbeh aja,yang laen ngga....
Nah ad malaikat yang di ciptakan di suruh mbedul nyawa,nyawa aja yang di brodolin....,yg laen engga.
Tp malaikat imannya jga ngga berkurang,,knapa??ngga ada kecenderungan berbuat maksiat.
Ngga pernah kita denger Jibril korupsi ayat,wah ne ayat bagus ne,gue pake ndiri aja ahh..ngga usah di sampein sama muhamad.Ngga Pernahhh....
Malaikat maut ngga pernah salah,orang belum mustinya mati dimatiin krn ga dmen ...ngga...statis stabil dari dlu sampe skrng imannya spt itu sj tambah tidak kurangpun tidak...ini jenis yang kedua.

3)      Imanun yaziddu wayankusu,kls iman yg bs bertambah bisa jg berkurang,kdang naik ,kadang juga trun ini umumnya kita...umumnya kita ....kdang2 iman naik ..uh...ga keluar2 dari mesjid ..MASYAALLAH...LAILLAH HAILLALLAH...naik..kdang2 imn turun..3bulan ga ke mesjid mengalami grafik psang surut naik trun..itulah romantikanya..itulah perlunya menjaga nile2 keimanan itu,klo dia trun jgn sampe terlalu drastis..syukur bisa naik..naik..dan naik..iti perlu tahapan..paling tidak kita bercermin dari kehidupan para nbi dan rosul..bagemana ketika mereka menghadapi tantangan  dan cobaan iman  jangan di sangka loh.. klo kita bilang..
Saya beriman kepada Allah lalu welcome ...ngga cuy...
Jangan pikir klo kita bilang sya hamba Allah..lalu Allah bilang, yh,,deh lu..hamba gue..nga cuy,,
Akan datang cobaan ,akan datang ujian ,apa manusia menyangka mereka akan dibiarkan saja mengucapkan kami berima.. pdhl mereka belum diuji ...pd waktu mereka menghadapi ujian itulah kelihatan pasang surut keimanan
Ya klo diuji yg enak si.. lumayan .saat diuji yang ga enak
Jangan Cuma miskin itu ujian kayapun cobaan
Jangan Cuma sakit itu ujian ,sehatpun cobaan
Jangan Cuma dipecat saja ujian,naik pangkatpun cobaan
Kita sering lulus diuji yg enak ,tp gagl  diuji yg ga enak
Ato sebakliknya lulus diujinyg ga enak,gagal diuji yg enak
Punya duit cobaan,banyak duit ujian ..tp belum pernah sy dengar orang,ngomong..ustad....saya lgi diuji sama allah ..kenapa pak ? Duit saya lgi bayak...belum pernah..belum pernah...
Kalo sudah BANGKRUT.KERE,KISMIN..baru merasa diuji
Paranabi dan para rosul menghadapi itu,dalam berjuang,,yang di uji berhadapan dengan  anaknya dgn istrinya dengan umat yang kelewat bandel,dengan segala pitnah.LULUS LOLOS naik grafik keimanannya.jdi ini klasifikasi yg ke 3.

4)      Iman yang paling jelek,imanun yan khusu wala ya sidu.
Iman yang kurang terus dan ga pernah nambah,ni umumnya org munafik ini.ad iman tp karna imanya pura-pura,,maka makin terkikis,makin terkikis,,,,ahirnya habis sama sekali.
Kira-kira itu klasifikasi ke imanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar